Cara Efektif Meningkatkan RAM Android

Cara Efektif Meningkatkan RAM Android - Untuk mencapai performa yang kencang dan bebas dari lag yang menjengkelkan, sebuah perangkat Android harus memiliki prosesor dengan clock speed tinggi. Namun kecepatan prosesor saja tidak cukup untuk menjamin ponsel atau tablet Android kalian menjadi kencang layaknya mobil Formula 1. Untuk perangkat high-end terbaru, memory atau RAM bukanlah masalah berarti karena umumnya mereka telah dilengkapi RAM yang lega hingga 2GB. Namun untuk perangkat low-end atau “Android ekonomis” yang hanya dilengkapi RAM dibawah 1GB, kapasitas RAM adalah suatu masalah besar. Terutama untuk menjalankan aplikasi atau game baru yang haus akan memory. Hal ini bisa diatasi dengan melakukan optimalisasi RAM Android. Apa saja itu, simak saja post ini dari awal hingga akhir.

Meningkatkan RAM Android

1. Koneksi Nirkabel

Koneksi nirkabel seperti Wi-Fi dan Bluetooth secara berkala melakukan scanning koneksi yang tersedia (hot spot) dan proses ini lumayan memakan RAM. Untuk mematikan opsi koneksi nirkabel bisa dilakukan di “Settings”.

2. Widget

Walaupun widget bisa membuat home screen Android kalian menjadi indah dan menawarkan kemudahan, namun dibalik itu widget-widget tersebut sangat rakus akan memory dan membuat Android kalian lemot. Bahkan beberapa widget melakukan update melalui internet tiap menitnya, yang tentu memakan kapasitas RAM (juga baterai). Oleh karena itu, ada baiknya jika kalian menghapus beberapa widget yang jarang atau bahkan tidak kalian perlukan. Untuk menghapus widget-widget yang tidak diperlukan caranya cukup mudah, tinggal pencet widget agak lama lalu tarik ke ikon tempat sampah untuk menghapusnya.

3. Aplikasi Sampah

Android adalah gudangnya aplikasi dan permainan gratisan, banyaknya “barang gretongan” ini membuat kita haus untuk memngunduhnya. Padahal tidak semua aplikasi atau game yang kita unduh sering kita gunakan atau kita butuhkan, akibatnya malah membebani memory karena beberapa aplikasi sering berjalan di background.
Cobalah untuk melakukan audit, aplikasi atau permainan apa yang jarang kita pakai. Lalu lakukan optimalisasi RAM Android dengan menghapus aplikasi-aplikasi “sampah” tersebut. Selain melegakan RAM, media penyimpanan ponsel kalian juga akan lebih lega pula.

4. SMS

Hapus pesan SMS yang sudah berumur agak lama. Memang ukuran SMS tersebut hanya beberapa kilobyte namun akan tetap membebani RAM karena tiap kalian membuka aplikasi SMS, aplikasi tersebut akan memuat tiap SMS yang kalian simpan.Bila perlu gunakan fitur penghapus otomatis pesan lama. Jika aplikasi bawaan tidak mendukung fitur tersebut, gunakan aplikasi pesan pihak ketiga seperti Go SMS Pro atau Handcent SMS.

Itulah beberapa hal yang dapat anda gunakan untuk meningkatkan RAM Android smarthphone android anda. Semoga tips ini dapat membantu dalam menangani masalah RAM Android.

HALLO SAHABAT BLOGGER | TERIMAKASIH SUDAH MAU BERKUNJUNG DI BLOG ONEPOIN, BAGI SOBAT YANG MAU COPAS ATAU MAU SALIN ULANG ARTIKEL INI BISA LIHAT DULU KETENTUANNYA DI MENU TOS YAH | TERIMAKASIH ATAS KERJASAMANNYA.

BERBAGI ITU INDAH

Dapatkan Update Artikel Terbaru langsung ke Email Kamu

ARTIKEL TERKAIT

Previous
Next Post »