Tivi JVC 14" AV-14FT | LED Kedip

Mengatasi masalah televisi JVC Model AV-14FT Protect - Hari ini mendapat pengalaman baru, saya yang selalu update artikel tentang gadget tiba - tiba hari ini membuat artikel tentang elektronik rumah tangga. So what ? ga masalah selama kegitan tersebut mendatangkan berkah, kenapa ga kita jalani provesi yang halal ini, lagi pula saya yang dulu pernah mengikuti pelatihan elektronik juga terbilang cukup mampu untuk mengerjakan masalah ini.



Hari ini ada tetanggga yang minta tolong saya untuk memperbaiki tiinya yang mendadak mati dan tidak muncul gambat ataupun suara. tapi indikator power menyala dan led merah di samping led power terlihat blingking atau Kedip. Dari kasus - kasus yang pernah saya selesaikan, masalah tivi blinking adalah karena masalah protectsi, biasanya terjadi short pada jalur horisontal dan vertikal, Prosepun saya mulai dari mengukur semua tegangan mulai dari regulator, Cek dan ricek trnyata semua daya drob hanya selang bebrapa detik setelah tivi di nyalakan. Ah.. benar ini ada yang short, saya coba lepas TR HOT ternyata sama saja dan TR saya cek juga masih bagus. Selanjudnya saya mencoba melakukan penggantian pada IC vertikal. Hasilnya pun nihil, Akhirnya saya pun menggunakan tehnik pamungkas untuk mencari biang keroknya. Saya sengaja menghidupkan tivi ini beberapa menit kemudian saya mencoba dengan merapa pada headshing semua IC. Aneh ternyata pada IC regulator yang berjenis STR ini tidah panas sama sekali. akhirnya saya ganti str tersebut, dan tivi saya nyalakan, tapi ah... str itu langsung pecah ( mungkin karena STR kw ). saya coba kembalikan str asli dan nyalakan. dan saya tidak sengaja menyetuh headsink pada IC di dekat regulator input AC sangat panas. apakah ini penyebabnya ? sayapun coba mengganti IC tersbut dengan yang baru. Dan tara.. tivipun menyala normal smpai saya tunggu berjam -jam tivi tetap menyala normal. Okelah berrati IC ini penyebabnya.

Dan buat kalian yang mungkin sedang mengalami masalah yang sama dengan saya. mudah - mudahan artikel ini dapat anda jadikan reverensi dan jalan pintas untuk kalian semua dalam bekerja, demi menghemat waktu mengecek komponen satu demi satu. Pada kasus ini kerusakan terjasi pada IC971 dengan nomer seri BA51W12ST. Sedangkan untuk letak IC971 sendiri kalian dapat melihat pada gambar di bawah ini.



0 Response to "Tivi JVC 14" AV-14FT | LED Kedip"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

 Di Jamin

Iklan Tengah Artikel 1

 DiJamin Panjang

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel