Nokia XL RM-1030 LCD Bergaris

Beberapa hari yang lalu ada teman yang datang kerumah membawa sebuah handphone android bermerek Nokia dengan tipe RM-1030, Handphone dengan layar yang lumayan lebar itu memiliki masalah yang pada awalnya muncul garis warna - warni pada saat di nyalakan seperti gambar di samping. Namun seiring berjalanya waktu kata si empunya hape layarnya mejadi gelap dan bergaris dan tidak muncul gambar sama sekali, Tapi masih bisa menerima telephone masuk, karena beberapa kali dia mendengar handphone miliknya berdering.

Pada saat itu awalnya saya menduga hape itu rusak karena di oprek, karena menurut pengalaman saya masalah seperti itu muncul akibat firmware yang tidak cocok, seperti yang pernah saya temudi di Android berchipset mediatek masalah seperti itu muncul akibat kernel yang salah atau tidak cocok dengan hardware. Dan pada android keluaran hisense yang di usung provider cdma smartfren masalah seperti itu muncul akibat kesalahan dalam menginstal boot logo atau yang lebih di kenal splashscreen. Dan saya pun segera melakukan tindakan pertolongan pertama pada korban. Setelah browsing kesana kemari untuk mencari firmware handpon yang saya maksud akhirnya saya mendapatkan juga dari XDA forum, dan langsung saja saya eksekusi dengan melakukan flashing firmware pada nokia xl rm-1030 tersebut. Saya lega saat melihat proses flashing sukses, dan saya nyalakan hape tersebut dan taraa..!!! hape itu tetap hitam gelap dan hanya mucul garis pelangi saja. Saya pun mencoba mengulangi proses flashing sampai berulang ulang, dan hasilnya pun nihil, nokia XL itu tetap tegar pada pendirianya, tidak mau menunjukan wajahnya sama sekali.

Yakin kerusakan bukan pada software saya mencoba bongkar hape tersebut dan cek sana sini pada jalur dan suplay arus yang yang bermasalah pada layar, ternyata semuanya oke dan baik baik saja, Finalnya pun saya berani memfonis bahwa kerusakan memang pada LCDnya, Done..!! dan saya lanjud mencari informasi penjual LCD untuk nokia XL, Yang saya tuju pertama adalah tempat jual beli online, maksudnya sih buat nyari referensi harga, dan ternyata hargan LCD nokia xl di toko online memang bervariasi antara 185 - 225 ribu rupiah tergantung penjualnya. itu hanya untuk LCD saja, kalau lengkap sepaket front casin,g lcd, dan touchscreen harganya 350 ribu rupiah. kalalu masalah kualitas saya kira dengan selisih harga segitu saya yakin dari segi kualitas juga sama.

Setelah mendapat referensi harga saya hubungi teman dan langganan tempat saya membeli sparepart hape, dan saya mendapat harga 200 ribu rupiah. Dan saya pun langsung mengganti unit LCD nokia XL tersebut dengan LCD baru. Dan ternyata benar saya, hape itu langsung tersenyum dan menunjukan wajah aslinya setelah mendapat LCD baru. Demikianlah pengalaman saya dalam memperbaiki masalah LCD nokia XL yang hitam bergaris, Semoga artikel ini dapat memberi sedikit masukan buat kalian yang saat ini sedang mengalami masalah yang sama. Intinya kerusakan adalah pada LCD bukan pada sofware.

1 Response to "Nokia XL RM-1030 LCD Bergaris"

  1. Wah lumayan juga yah harga LCDnya. Kebetulan ini hp ku bergaris juga.

    Terimakasih infonya

    https://www.hostingan.id :)

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

 Di Jamin

Iklan Tengah Artikel 1

 DiJamin Panjang

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel