Memperbaiki Advan S4A Layar Blank

Hari ini datang lagi pasien seperti dua hari yang lalu, dan kali ini yang saya tangani adalah handphone keluaran Advan dengan serial produk S4a dengan system operasi Android versi 4.2.2, dan kali ini masalah yang yang harus saya tangani adalah, Advan vandroid itu mengalami enkripsi gagal.Duh ini masalah agak berat, fikirku saat itu karena memang dari pengalaman yang saya hadapi masalah enkripsi gagal adalah kerusakan pada IC eMMC. Langkah pertama sih yang pasti mau cobla flash firmware dulu, tapi sebelum itu saya minta ijin dulu sama si empunya hape bahwa resiko flash dalam kondisi enkripsi gagal adalah hanphone menjadi mati total jika tidak bisa di flash dan harus ganti eMMC yang tentu tidak murah harganya.

Setelah mendapat ijin dari si empunya saya langsung eksekusi dengan melakukan flashing menggunakan firmware original advan S4a, dan dengan bantuan SP flash tool versi 3 serta mediatek preloader driver alhamdulillah hanpon tidak mati dan proses flashing skses 100%, hape pun menyala tanpa terkena enkripsi lagi, Tapi masalah muncul ketika beberapa saat hape menyala, yakni layar menjadi buram dan gambar semakin menhilang dan akhirnya layar 100% blank cuma menyala penuh dengan warna abu abu, Karena penasaran saya coba flash ulang dan lakukan wipe data, tapi hasilnya sama saja.

Kebetulan dirumah juga da handphone serupa yang bisa saya jadikan perbandingan, dan ternyata saya menemukan perbedaan pada dua handphone yang bertipe sama dan merek sama itu. Perbendaanya adalah pada nomor seri board, ternya ada dua jenis yakni board version V.1 dan Board version V.2, , kemudian saya berfikir sejenak, ketidak cocokan firmware dengan masalah semacam ini biasanya muncul karena kernel yang berbeda saja. Kemudian saya coba dengan flash kernel dengan cara seperti flashing firmware perbedaanya hanya boot.img saja yang saya flash menggunakan SP flash tools. pertama saya coba kernel V1 , namun hasilnya nihil layar masih blank, dan ke dua saya coba dengan flash kernel V2. dan taraa..!! sukse advan S4a normal kembali. Layar juga sudah normah sampai yang empunya hape mengambil hapenya sehari kemudian.

Demikianlah pengalaman saya hari ini, semoga menjadi referensi buat kalian semua yang saat ini sedang megalami masalah yang sama, entah karena salah instal custom rom dan salah firmware saat flashing, Untuk cara menggunakan SP flashtool kalian bisa cari tau tutorial di youtube. dan yang butuh password untuk file di atas silahkan masuk sini

2 Responses to "Memperbaiki Advan S4A Layar Blank"

Iklan Atas Artikel

 Di Jamin

Iklan Tengah Artikel 1

 DiJamin Panjang

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel