Kamus Istilah Internet Terbaru

Berikut  ini merupakan beberapa istilah internet, karena postingannya agak  panjang jadi saya bagi 2 aja, dari abjad A sampai F ada di postingan  ini, selebihnya pada Postingan ini. Sebelumnya juga udeh saya post  mengenai istilah internet, yang ini mungkin tambahannya aja, sejarah  internet dan sejarah komputer. Berikut ini adalah istilah-istilah internet yang ada dalam kamus istilah internet :

Abjab A

ADN - Advanced Digital Network. Biasanya merujuk kepada saluran leased line berkecepatan 56Kbps.
ADSL -Asymetric Digital Subscriber Line. Sebuah tipe DSL dimana upstream dan downstream berjalan pada kecepatan  yang berbeda. Dalam hal ini, downstream biasanya lebih tinggi.  Configuration yang umum memungkinkan downstream hingga 1,544 mbps  (megabit per detik) dan 128 kbps (kilobit per detik) untuk upstream.  Secara teori, ASDL dapat melayani kecepatan hingga 9 mbps untuk  downstream dan 540 kbps untuk upstream.
Anonymous FTP  - Situs FTP yang dapat diakses tanpa harus memiliki login tertentu.  Aturan standar dalam mengakses Anonymous FTP adalah dengan mengisikan  "Anonymous" pada isian Username dan alamat email sebagai password.
ARPANet - Advanced Research Projects Agency Network.  Jaringan yang menjadi cikal-bakal terbentuknya Internet. Dibangun pada  akhir dasawarsa 60-an hingga awal dasawarsa 70-an oleh Departemen  Pertahanan Amerika Serikat sebagai percobaan untuk membentuk sebuah  jaringan berskala besar (WAN) yang menghubungkan komputer-komputer di  berbagai lokasi dengan sistem yang berbeda-beda pula namun dapat diakses  sebagai sebuah kesatuan untuk dapat saling memanfaatkan resource  masing-masing.
ASCII - American Standard Code for Information Interchange.  Standar yang berlaku di seluruh dunia untuk kode berupa angka yang  merepresentasikan karakter-karakter, baik huruf, angka, maupun simbol  yang digunakan oleh komputer. Terdapat 128 karakter standar ASCII yang  masing-masing direpresentasikan oleh tujuh digit bilangan biner mulai  dari 0000000 hingga 1111111.

Abjab B

Backbone - Jalur berkecepatan tinggi atau satu seri koneksi yang menjadi jalur utama dalam sebuah network.
Bandwidth - Besaran yang menunjukkan seberapa banyak data yang dapat dilewatkan dalam koneksi melalui sebuah network.
Binary - Biner.  Yaitu informasi yang seluruhnya tersusun atas 0 dan 1. Istilah ini  biasanya merujuk pada file yang bukan berformat teks, seperti halnya  file grafis.
Bit - BInary digiT. Satuan terkecil dalam komputasi, terdiri dari sebuah besaran yang memiliki nilai antara 0 atau 1.bps - Bit Per Seconds. Ukuran yang menyatakan seberapa cepat data dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain.
Browser - Sebutan untuk perangkat lunak (software) yang digunakan untuk mengakses World Wide WebByte -  Sekumpulan bit yang merepresentasikan sebuah karakter tunggal. Biasanya  1 byte akan terdiri dari 8 bit, namun bisa juga lebih, tergantung  besaran yang digunakan.

Abjab C

CCGI - Common Gateway Interface.  Sekumpulan aturan yang mengarahkan bagaimana sebuah server web  berkomunikasi dengan sebagian software dalam mesin yang sama dan  bagaimana sebagian dari software (CGI Program) berkomunikasi dengan  server web. Setiap software dapat menjadi sebuah program CGI apabila  software tersebut dapat menangani input dan output berdasarkan standar  CGI.
cgi-bin - Nama yang umum digunakan untuk direktori di server web dimana program CGI disimpan.
Chat - Secara  harfiah, chat dapat diartikan sebagai obrolan, namun dalam dunia  internet, istilah ini merujuk pada kegiatan komunikasi melalui sarana  baris-baris tulisan singkat yang diketikkan melalui keyboard.

Abjab D

DNS - Domain Name Service.  Merupakan layanan di Internet untuk jaringan yang menggunakan TCP/IP.  Layanan ini digunakan untuk mengidentifikasi sebuah komputer dengan nama  bukan dengan menggunakan alamat IP (IP address). Singkatnya DNS  melakukan konversi dari nama ke angka. DNS dilakukan secara  desentralisasi, dimana setiap daerah atau tingkat organisasi memiliki  domain sendiri. Masing-masing memberikan servis DNS untuk domain yang  dikelola.
DSL - Digital Subscriber Line.  Sebuah metode transfer data melalui saluran telepon reguler. Sirkuit  DSL dikonfigurasikan untuk menghubungkan dua lokasi yang spesifik,  seperti halnya pada sambungan Leased Line (DSL berbeda dengan Leased  Line). Koneksi melalui DSL jauh lebih cepat dibandingkan dengan koneksi  melalui saluran telepon reguler walaupun keduanya sama-sama menggunakan  kabel tembaga. Konfigurasi DSL memungkinkan upstream maupun downstream  berjalan pada kecepatan yang berbeda (lihat ASDL) maupun dalam kecepatan  sama (lihat SDSL). DSL menawarkan alternatif yang lebih murah  dibandingkan dengan ISDN.
Download - Istilah  untuk kegiatan menyalin data (biasanya berupa file) dari sebuah  komputer yang terhubung dalam sebuah network ke komputer lokal. Proses  download merupakan kebalikan dari upload.
Downstream -  Istilah yang merujuk kepada kecepatan aliran data dari komputer lain ke  komputer lokal melalui sebuah network. Istilah ini merupakan kebalikan  dari upstream.

Abjab E

Email - Electronic Mail. Pesan,  biasanya berupa teks, yang dikirimkan dari satu alamat ke alamat lain  di jaringan internet. Sebuah alamat email yang mewakili banyak alamat  email sekaligus disebut sebagai mailing list. Sebuah alamat email  biasanya memiliki format semacam username@host.domain, misalnya:  myname@mydomain.com.

Abjab F

Firewall - Kombinasi dari hardware maupun software yang memisahkan sebuah network menjadi dua atau lebih bagian untuk alasan keamanan.
FTP - File Transfer Protocol.  Protokol standar untuk kegiatan lalu-lintas file (upload maupun  download) antara dua komputer yang terhubung dengan jaringan internet.  Sebagian sistem FTP mensyaratkan untuk diakses hanya oleh mereka yang  memiliki hak untuk itu dengan mengguinakan login tertentu.

0 Response to "Kamus Istilah Internet Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

 Di Jamin

Iklan Tengah Artikel 1

 DiJamin Panjang

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel