Mencegah Serangan Malware dan Adware

Source : gadgetrivew.com
Mencegah serangan malware dan adware pada komputer - Malware dan adware sebenernya tidak memiliki kemampun merusak, dan memeng di ciptakan bukan untuk merusak, Malware dan adware lebih menyerupai benalu yang menempel pada system opreasi komputer, Yang kemudian melakukan kegiatan untuk keuntungan pembuatnya, Komputer yang telah terinfeksi adware dan malware akan mengalami penurunan performa, lelet dan pada kasus terparah komputer akan hank. 

ini lah cara kerja Adware. adware adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada sebuah jenis perangkat lunak mencurigakan ( malicious software / malware ) yang menginstalasikan dirinya sendiri tanpa sepengetahuan pengguna dan menampilkan iklan-iklan ketika pengguna berselancar di Internet. ini dapat terjadi karena ada nya seseorang yang berniat jahat untuk mendapatkan sesuatu melalui adware. seperti spy, pencurian data, dan lain- lain. malware ini dapat bekerja dengan sendirinya karena diprogram sebagai host pada saat penginstalan yang tidak kita ketahui.


ciri-ciri PC terkena malware/adware : 
  1. Proses berjalanya system Komputer akan melambat
  2. Tidak merespon dengan cepat ketika di click, seperti mengclick icon dan software icon. Bahkan tidak bekerja dengan benar.
  3. Ketika sistem computer di boot atau reboot, kadang beku freezes atau crash tanpa alasan.
  4. Ini yang menarik, terkadang malware dan virus dapat mematikan aplikasi antivirus sendiri bahkan Firewall.
  5. Virus bisa mengunci harddisk tanpa sebab. Biasanya digunakan sebagai ransom.
  6. Terkadang virus bisa memblok dan computer tidak bisa print. Yang menyebalkan, computer suka menampilkan Pop Windows yang tidak jelas. Atau memberi peringatan ada virus masuk. Khususnya computer yang tidak memiliki antivirus malah dapat memunculkan pesan peringatan dari sebuah aplikasi antivirus. Nah, tidak ada aplikasi antivirus dipasang, malah keluar peringatan tersebut.
  7. Windows muncul kata jebakan, seperti iklan secara acak berkali kali.
  8. Ketika anda mendownload antivirus, tetapi selalu gagal. Itu kebiasaan malware dan virus mampu memblok computer untuk menginstall antivirus. Tujuannya agar melindungi dirinya.
  9. Terkadang folder dan file atau icon hilang dari desktop, termasuk nama aplikasi yang sudah di install.

walaupun anda sudah menemukan folder yang anda yakini sebagai pusat Virus anda tidak dapat menghapus nya. biasa nya ada pesan "ada program yang sdang berjalan dalam folder" walaupun sudah anda uninstal dari control panel saat di reebot akan muncul kembali.

Cara mencegah serangan malware dan adware :
  1. jangan klik apapun yang baru anda lihat ataupun yang anda belum ketahui.
  2. jika anda menyadarinya jangan reboot PC anda sama sekali karena saat menginstal untuk menjalankan malwer butuh rebot untuk memasukan registry malware.
  3. cari shorcut yang mencurigakan pada dekstop anda.
  4. jika tidak ada masuk ke task manager.
  5. cari program yang berjalan yang mencurigakan. (program asing dengan nama aneh bukan dari bawaan windows atau software yang pernah anda instal).
  6. jika anda menemukan nya jangan terburu" meng'end process karena end process berlaku sementara.
  7. klik kanan pada proses yang mencurigakan lalu open folder location.
  8. maka anda akan menemukan banyak sekali folder dan file yang tidak anda kenali.
  9. silahkan hapus semua file dan folder yang ada.pada folder location tersebut.
  10. jika tidak bisa di hapus abaikan saja. hapus apapun yg bisa di hapus.
  11. masuk start run "msconfig" process cari kembali process yang mencurigakan unceklist pada process tersebut.
  12. masuk tab startup unceklist pada process yang mencurigakan (bukan proses dari software yang anda instal atau software bawaan Microsoft.
  13. jika anda sudah yakin tidak ada lagi process yang mencurigakan berjalan lakukan rebot. jika anda belum yakin silakan di cek mulai dari awal.
  14. jika setelah reebot masih ada hal-hal aneh seperti iklan atau software aneh berjalan lakukan kembali lebih teliti.

Penting : Cara ini hanya untuk tingkat Expert user dan mengerti komputer. jika ada kesalahan pada komputer anda silakan tanggung sendiri, karena menentukan mana process yang benar butuh pengetahuan komputer yang sangat memadai.

HALLO SAHABAT BLOGGER | TERIMAKASIH SUDAH MAU BERKUNJUNG DI BLOG ONEPOIN, BAGI SOBAT YANG MAU COPAS ATAU MAU SALIN ULANG ARTIKEL INI BISA LIHAT DULU KETENTUANNYA DI MENU TOS YAH | TERIMAKASIH ATAS KERJASAMANNYA.

BERBAGI ITU INDAH

Dapatkan Update Artikel Terbaru langsung ke Email Kamu

ARTIKEL TERKAIT

Previous
Next Post »