Tips Melegakan RAM pada Android

Semakin bermunculnya banyak sekali developer aplikasi android membuat kita semkain bingung memilih aplikasi jenis apa yang cocok utnuk kita gunakan, bahkan trkadang kita menginstal aplikasi yang sebenarnya kurang bermanfaat untuk android devices kita, apa lagi aplikasi tersebut kita dapat dari iklan yang di kemas sangat menarik, padahal pada kenyataanya fungsi aplikasi itu jauh dari apa yang di deskripsikan di dalam iklan. Sebagai contoh kita sering menemukan iklan pembersih file sampah pada android, tapi begitu kita instal aplikasi tersebut yang ada malah android kita menjadi semakin berat karena aplikasi yang baru saja kita instal ikut menggunakan source ram dan penggunaan daya batry yang tidak sedikit.

Dan pada kesempatan kali ini saya ingin membrikan sedikit tips untuk membuat android device kalian menjadi lebih ringan tidak lelet dan memaksimalkan penggunaan batri. Beberapa hal yang harus kalian lakukan seperti di bawah ini :
  1. Menghapus aplikasi yang tidak berguna, kalian dapat memilih apa saja aplikasi yang ingin kalian gunakan, dan hapus aplikasi yang tidak berguna, karena meskipun aplikasi tersebut tidak kita buka bukan berarti aplikasi tersebut tidak menggangu, karena pada dasarnya sebagian besar aplikasi android akan berjalan secara otomatis pada saat handphone di hidupkan, ini berarti semua aplikasi menggunakan source RAM, daya dan storage.

  2. Membersihkan chace aplikasi. Apa itu chace ? Chace aplikasi bisa kita sebut sebagai rekam jejak dari aplikasi yang pernah kita gunakan dan menjadi sebuah file catatan yang tidak terpakai atau file sampah, utnuk langkah ini saya sarankan kalian membersihkan chace menngunakan aplikasi Link2sd, kenapa ? karena sudah beberapa tahun saya mnggunakan aplikasi tersebut untuk membantu saya membersihkan chace dan dalvik chace pada andoid saya, caranya sangat mudah, kalian tingga menginstal link2sd kemudian buka dan klik menu di pojok kiri atas kemudian pilih hapus chace.

  3. Jangan terlalu banyak menginstal aplikasi di sdcard, usahakan aplikasi yang kita instal selalu berada di penyimpanan internal, selain proses aplikasi akan lebih cepat ini juga akan membuat batre lebih hemat, karena pada dasarnya aplikasi yang kita instal di sdcard akam membuat system bekerja xtra keras apalagi sdcard yang kita gunakan memiliki class yang rendah.

  4. Hibernasi atau tidurkan aplikasi yang sedang tidak kita gunakan, apalagi aplikasi sosial media dan web browser yang terkenal memakan RAM, daya dan data paling banya, dan untuk cara hibernasi android kalian bisa baca caranya di sini ( akses root mungkin di perlukan)

  5. Minimalkan pencahayaan layar, ini berfungsi untuk menghemat batry. caranya buka menu pengaturan> Tampilan > lampu latar.

  6. Dan mungkin masih banyak lagi tips tips serupa lainya, mungkin lain waktu jika ada waktu luang akan saya tambahkan



HALLO SAHABAT BLOGGER | TERIMAKASIH SUDAH MAU BERKUNJUNG DI BLOG ONEPOIN, BAGI SOBAT YANG MAU COPAS ATAU MAU SALIN ULANG ARTIKEL INI BISA LIHAT DULU KETENTUANNYA DI MENU TOS YAH | TERIMAKASIH ATAS KERJASAMANNYA.

BERBAGI ITU INDAH

Dapatkan Update Artikel Terbaru langsung ke Email Kamu

ARTIKEL TERKAIT

Previous
Next Post »