Satu Langkah Atasi Komputer Lelet

Satu langkah hadapi komputer windows yang mwndadak ngelag lemot dan lelet, Ini pengalaman saya beberapa hari yang lalu, ketika sedang asik mengetik tiba komputer terasa lambat, huruf yang saya ketik dari keyboard terkadang harus menuggu sebentar baru baru muncul di lebar ketikan, itupun dengan indikator kursor yang terlihat lelet pula, Sontak kejadian itu membuat saya jengkel, Karena meskipun spek komputer saya sudah di bilang jadul tapi saya tidak pernah mengalami malsah seperti ini. Dan akhirnya proses ketik saya hentikan dan saya tutup lembar ketikan beserta aplikasi ketiknya, Kemudian saya buka buka task manager dan langsung saya arahkan ke tab performance, Busyet.. ternyata CPU 90% usable dan pada kolom Memmory terpakai 89%, padahal program yang terbuka hanya Chrome web browser saja, dan saya yaki enyebabnya bukan itu, karena saya sudah menggunakan crome tidak pernah mengalami masalah seperti ini. Masih di jendela task manger, kemudia saya arahkan pada tab process, Disitu saya heran dengan satu aplikasi yang menggunakan memory hingga 800Mb lebih, Perhatian saya tertuju pada service svchost.exe yang menggunakan memory begitu besar. dan saya mecoba mencari tau dengan klik properties pada process yang saya maksud tadi. Dan jelas saja di situ banyak sekali program yang berjalan menggunakan jalur svchost, salah satunya adalah windows update yang menggunakan sebagian besar memory, padahal saya yakin opsi windows update sudah saya matikan dari control panel, tapi kenapa masih berjalan secara otomatis .

Dan buat kalian yang sedangmengalami masalah komputer yang lelet seperti yan saya almi ini silahkan ikuti langkah - langkah berikut ini untuk mengurangi beban memory pada komputer kalian agar proses lebih lancar, tidak lelet dan ngelag lagi.

  1. Permata kalian buka dulu System services
    Dengan cara tekan tombol windows + R kemudian ketik " %windir%\system32\services.msc " tanpa tanda petik, 

  2. Setelah jendelan System services terbuka, sekarang kalian scroll ke bagian bawah di tab sebelah kanan, lalu cari Windows Update.

  3. Setelah ketemu services name Windows Update sekarang kalian klik kanan pada Windows Update kemudian klik properties.

  4. Pada jendela properties yang terbuka, cari kata Startup Type, kemudian ubah opsi di sebelahnya, yang tadinya Automatic ( Delayed Start ) ubah menjadi Disable, Setelah itu klik apply lalu save.

  5. Tutup Jendela System services dan restart komputer kalian, Kemudian silahkan rasakan bedanya.

Nah begitulah kira - kira cara satu langkah mengatasi komputer yang lelet atau lemot, dan buat kalain yang bingung dengan penjelsan melalui tulisan silahkan lihat videonya di bawah ini. Dan buat kalian yang kesulitan membuka System services bisa menggunakan Windows Tools Quick access yang bisa kalian unduh di sini, kalian tinggal pilih igin mejalakan tools windows yang kalian ingin jalankan.


0 Response to "Satu Langkah Atasi Komputer Lelet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

 Di Jamin

Iklan Tengah Artikel 1

 DiJamin Panjang

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel