6 Tips Amankan Android Anda

Tingkatkan Keamanan Ponsel Android Anda
Tips Jitu Meningkatkan Keamanan Android – Sudah lama menabung untuk membeli ponsel Android idaman? Atau setelah lama merengek ke ortu hingga akhirnya dibelikan tablet Android incaran? Well, selamat ya udah bisa megang Android yang diidam-idamkan.
Setelah mendapatkannya dengan mati-matian, pasti ga mau kan tiba-tiba sang Android kesayangan kalian mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi langkah apa saja yang perlu diambil untuk amankan Android kalian? Simak 6 tips amankan Android kalian di bawah ini :

Tips Amankan Android dengan Tepat

1. Kunci Android Anda

Pasti ga kepengen kan, Android kalian diisengin? Mulai diisengin temen cuma buat maen-maen doang hingga dicuri data-data penting kalian? Oleh sebab itu, kalian WAJIB memasang fitur pengunci ponsel atau tablet kalian. Gunakan password kombinasi angka atau pola pengunci yang sulit ditebak. Walaupun terkesan canggih, sebaiknya jangan menggunakan fitur face unlock karena fitur pengunci ini tergolong paling tidak aman. Kadang ponsel bisa dibuka dengan menggunakan foto kalian.

2. Rajin Melakukan Backup Data

Saat ini smartphone sudah seperti komputer yang bisa masuk kantong. Kalian pasti memiliki data penting di dalamnya, kontak penting atau foto-foto liburan yang penuh kenangan bersama pacar atau teman. Pasti akan sangat menyedihkan bila data-data tersebut secara tidak sengaja terhapus. Untuk itu lakukanlah backup data kalian secara rutin. Banyak aplikasi di Google Play yang menawarkan solusi backup data Android, baik local backup maupun melalui layanan cloud storage. Jika kalian melakukan local backup di SD card, jangan lupa untuk membuat salinananya di komputer kalian.

3. Pasang Antivirus Handal

Tips amankan Android selanjutnya ialah memasang antivirus. Dengan memasang antivirus, kalian bisa terhindar dari virus, malware, spyware, dan aplikasi-aplikasi jahat lainnya. Di market banyak sekali aplikasi antivirus, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Pilihlah dengan bijak, lihat review-review tentang antivirus tersebut. Jangan sekali-kali menggunakan antivirus versi bajakan, bayarlah jika antivirus pilihan kalian ternyata tidak gratis. Dengan sedikit investasi, kalian bisa terbebas dari rasa takut akan serangan virus. Terakhir dan yang terpenting, setelah memasang antivirus jangan lupa melalukan update antivirus. Akan sangat mubazir jika kalian memasang antivirus tanpa melakukan update.

4. Hindari Hotspot Gratisan

Apakah kalian suka connect dengan layanan Wi-Fi gratis? Sebaiknya lebih berhati-hati, karena dengan menggunakan hotspot publik gratisan kalian lebih beresiko mendapat serangan dari orang-orang jahat. Jadi, usahakan untuk menghindari hotspot gratisan, hanya gunakan yang sudah terpercaya.

5. Install Aplikasi Terpercaya

Aplikasi terpercaya adalah aplikasi yang berasal dari developer kenamaan dan terpercaya. Ciri-ciri aplikasi yang kurang terpercaya ialah aplikasi dengan jumlah download sedikit dan teralu banyak review buruk dari pengguna sebelumnya.

6. Rajin Update OS

Kapanpun vendor Android kalian mengeluarkan update software atau operating system, jangan ragu atau terlalu lama berpikir untuk melakukan update. Pembaruan yang dirilis biasanya menawarkan perbaikan pada celah-celah keamanan sistem operasi sehingga sangat direkomendasikan untuk di-install.
Demikian tips amankan Android dari kami, semoga bisa berguna untuk meningkatkan security ponsel atau tablet Android kalian. Jangan ragu untuk klik tombol like atau tweet untuk berbagi dengan teman atau saudara.

0 Response to "6 Tips Amankan Android Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

 Di Jamin

Iklan Tengah Artikel 1

 DiJamin Panjang

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel