Modifikasi Dua PSU untuk Satu PC

Modifikasi dua power suply untuk satu komputer - Berbagi sedikit pengalaman menggabungkan dua buah PSU untuk satu PC, Berawal dari penggunaan PSU abal - abal yang tidak mampu mensuplay kebutuhan daya pada komputer yang menyebabkan komputer sering hank dan hardisk bersuara aneh, maka timbul keinginan liar untuk menggabungkan dua PSU abal - abal dengan maksud mendapatkan watt yang lebih besar. 

Percobaan pertama saya adalah menggabungkan dua buah PSU dengan daya sebesar 250 watt dan 300 watt, dan cara saya pertama ini saya menggabungkan secara paralel semua kabel yang berwarna sama, 5v dengan 5 vol, ground dengan ground, 3 volt dengan 3 volt dan seterusnya, proses penggabungan pun selesai dan langsung saya coba pasang dua buah PSU modif dengan metode paraler tersebut ke dalam CPU, Dan hasilnyapun mngecewakan, kalau dengan satu PSU 300 watt hanya hardisk kedua saja yang mengeluarkan suara aneh, tapi stelah pake mofikasi PSU pertama ini justru kedua hardisk saya mengeluarkan bunyi aneh yang sama, Dan saya simpulkan percobaan pertama saya gagal total, Terlebih lagi setelah saya cek daya dari kedua PSU modif saya ini hanya mengeluarkan daya sebesar 270watt. Kesimpulan saya ketika dua PSU dengan watt besar di gabung secara paralel dengan PSU watt kecil maka daya yang di keluarkan akan mengikuti daya PSU terkecil atau jumlah semua daya di bagi menjadi dua "entahlah" yang pasti saya sudah gagal di proses pertama.

Percobaan kedua, percobaan kedua ini saya membuat PSU dua PSU secara mandiri hanya melakukan sedikit modifikasi agar kedua PSU dapat menyala bersaam ketika tombol power pada CPU di tekan. Setelah berfikir sejenak saya coba menggunkan relay yang terhubung pasa PSU satu, ketika PSU satu menyala maka swict pada relay akan terhubung dan menyalakan PSU 2, dan ternyata cara ini kurang membuat saya puas, karena ada perbedaan sepersekian detik untuk menyalakan PSU 2, artinya kedua PSU belum dapat menyala secara bersaan. Akhirnya saya lepas lagi relay yang sudah saya pasang dan coba modifikasi tanpa relay. pertama saya potong kabel hijau pada PSU 2 kemudian saya sambung ke kabel hijau pada PSU 1. Selanjudnya saya potong juga kabel hitam di PSU 2 dan saya sambung di kabel hitam PSU satu. Kabel hitam bisa yang mana saja, karena dalam satu PSU terdapat banyak sekali kabel berwarna hitam. Silahkan lihat gambar di bawah ini : 


Dan setelah kabel hijau dan hitam tersambung, Dengan sedikit was was saya coba pasang kedua PSU untuk menjalakan tugas mereka, PSU 1 dengan daya 300waat saya gunakan untuk mensuplay arus untuk motherboard dan hardisk 1, Sedang PSU 2 dengan daya 250 watt saya gunakan untuk mesuplay hardisk 2 dan fan pada casing, Setelah semua kabel tersambung kemudian saya coba nyalakan komputer saya, Hasilnya pun sangat memuaskan, Komputer saya menjadi lebih ringan tidakpernah hank lagi, dan suara aneh dari hardisk 2 tidak pernah ada lagi hingga sekarang, dan percobaan kedua ini saya nyatakan sukses 100%. Dan hari ini adalah tahun pertama dari tanggal saya membuat percobaan, artinya sudah satu tahun komputer saya menggunakan 2 PSU pada modifikasi kedua dan tidakterjadi hal - hal yang tidak di inginkan, justru sebaliknya, Komputer saya masih terlihat prima jika di bading setahun lalu.

1 Response to "Modifikasi Dua PSU untuk Satu PC"

Iklan Atas Artikel

 Di Jamin

Iklan Tengah Artikel 1

 DiJamin Panjang

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel